PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP PEMBELIAN ULANG DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA LAYANAN GRABFOOD DI YOGYAKARTA
Abstract
Perkembangan teknologi saat ini sudah sangat pesat dan menyeluruh kesetiap bidang kehidupan. Salah satunya pada bidang transportasi, yaitu dengan ditemukannya layanan ojek online dengan aplikasi. Penemuan ini pun masih diperdalam lagi dan penuh dengan inovasi, seperti dengan diciptakannya layanan
pesan antar makanan secara online. Adanya inovasi penemuan ini membuat masyarakat lebih efektif dan efisien dalam memanfaatkan waktu.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi penjualan dan kualitas pelayanan terhadap pembelian ulang dengan kepuasan sebagai variabel intervening. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 200 responden dengan kriteria yaitu mahasiswa di Yogyakarta yang pernah menggunakan
layanan GrabFood sebanyak minimal satu kali. Data primer responden didapatkan dari penyebaran kuesioner dengan Google Form. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dianalisis dengan metode SEM dan diolah menggunakan aplikasi AMOS versi 22.
Penelitian menggunakan variabel promosi penjualan, kualitas layanan, kepuasan, dan pembelian ulang. Variabel tersebut membentuk tiga hipotesis. Hasil dari analisis variabel tersebut menghasilkan pengaruh positif dan signifikan promosi penjualan, kualitas layanan, kepuasan, dan pembelian ulang.
Collections
- Management [4703]