Pengaruh Diversifikasi Terhadap Profitabilitas Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Perusahaan Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)
Abstract
Diversifikasi usaha dan geografis memiliki peranan penting terhadap
profitabilitas suatu perusahaan. Semakin terdiversifikasi suatu perusahaan, maka
kesempatan perusahaan untuk menguasai pasar akan semakin besar. Selain itu,
ukuran perusahaan (sumber daya) juga menjadi faktor pendukung strategi
diversifikasi usaha maupun geografis yang tak kalah penting.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh diversifikasi usaha dan
geografis terhadap profitabilitas perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai
variable moderasi. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh
perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek
Indonesia (BEI) dari tahun 2016 – 2019. Pengumpulan sampel dilakukan dengan
metode purposivesampling. Kerangka penelitian diuji dengan analisis regresi
berganda menggunakan SPSS ver. 15 IBM..
Hasil penelitian menunjukan diversifikasi usaha berpengaruh negative
terhadap profitabilitas. Sedangkan, diversifikasi geografis berpengaruh positif
terhadap profitabilitas. Ukuran perusahaan memperlemah pengaruh negative
diversifikasi usaha terhadap profitabilitas. Di sisi lain, ukuran perusahaan
memperlemah pengaruh positif diversifikasi geografis terhadap profitabilitas
perusahaan.
Collections
- Management [4552]