dc.description.abstract | Saat ini, pemasaran berubah lebih cepat dari sebelumnya. Tujuan utama
kegiatan pemasaran adalah untuk memengaruhi persepsi dan sikap konsumen
terhadap suatu merek, bagaimana membangun citra merek di benak konsumen,
dan merangsang perilaku pembelian aktual konsumen terhadap suatu merek.
Peran brand awareness dalam memengaruhi keputusan pembelian konsumen
merupakan peran yang sangat penting karena konsumen akan membeli suatu
produk yang lebih dikenalnya daripada produk tersebut belum dikenal sama sekali
bahkan produk tersebut masih baru. Dalam memunculkan kesadaran merek ini
diperlukan hal-hal yang dapat merangsang munculnya kesadaran merek yang
nantinya memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis pengaruh kesadaran merek, kognisi, afeksi, dan
konasi konsumen terhadap niat pembelian iPhone. Populasi yang digunakan
dalam penelitian ini adalah data primer dengan menggunakan kuesioner online
kepada 184 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam
penelitian ini adalah dengan nonprobability sampling. Analisis yang dilakukan
menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dan diolah melalui
program aplikasi AMOS versi 24. Data variabel yang digunakan dalam penelitian
ini terdiri dari variabel kesadaran merek, kognisi, afeksi, konasi, dan niat beli.
Variabel-variabel ini membentuk tujuh hipotesis. Hasil dari analisis data
menunjukkan adanya pengaruh positif kognisi konsumen terhadap niat pembelian,
afeksi konsumen terhadap niat pembelian, konasi konsumen terhadap niat
pembelian, kesadaran merek terhadap kognisi konsumen, kesadaran merek
terhadap afeksi konsumen, kesadaran merek terhadap konasi konsumen, dan
kesadaran merek terhadap niat pembelian. Dengan demikian, kesadaran merek,
kognisi, afeksi, dan konasi dapat memengaruhi niat pembelian di masa yang akan
datang. | en_US |