Pengaruh Mediasi Inovasi Model Bisnis Terhadap Orientasi Kewirausahaan dan Kinerja Pengembangan Produk Baru pada Usaha Kecil dan Menengah di Kota Kendari
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji tentang apakah mediasi inovasi model
bisnis berpengaruh terhadap orientasi kewirausahaan dan pengembangan produk paru
pada UMKM di kota kendari. Penelitian ini terdapat variabel-variabel yang diteliti dan
diuji hipotesisnya antara lain variabel independen yaitu orientasi kewirausahaan,
variabel mediasi yaitu inovasi model bisnis dan variabel dependen adalah kinerja
pengembangan produk baru. Penelitian ini menggunakan populasi pengusaha UMKM
yang berada di kota Kendari. Teknik pengumpulan data responden dalam penelitian ini
dikumpulkan dengan metode kuesioner yang didistribusikan kepada 108 pengusaha
UMKM di kota Kendari. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel
orientasi kewirausahaan ke variabel kinerja pengembangan produk baru memiliki nilai
t-statistik 2,536 > 1,96 yang artinya berpengaruh positif terhadap kinerja
pengembangan produk baru, kemudian variabel orientasi kewirausahaan ke variabel
inovasi model bisnis memiliki nilai t-statistik 7,085 > 1,96 yang artinya berpengaruh
positif terhadap inovasi model bisnis, dan yang terakhir yaitu inovasi model bisnis ke
variabel kinerja pengembangan produk baru memiliki nilai t-statistik 4,601 > 19,6 yang
artinya berpengaruh positif terhadap kinerja pengembangan produk baru.
Collections
- Management [4600]