dc.description.abstract | Setiap tahunnya permintaan terhadap produk merek mewah dalam pasar negara
berkembang akan terus meningkat, begitu juga pada industri fashion yang terjadi di
negara Indonesia. Kondisi tersebut sejalan dengann kesadaran pada masyarakat
Indonesia akan pentingnya fashion sebagai pemenuhan kebutuhan, terutama pada
generasi Z atau remaja yang cenderung dengan kehidupan bersosial dengan
sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan uji terhadap pengaruh niat beli
barang mewah terhadap perilaku pembelian dengan variabel brand consciousness,
percieved quality, need of uniqueness, purchase intention, dan purchase behaviour
pada generasi Z. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah generasi Z
atau remaja yang sudah pernah membeli dan menggunakan produk fashion merek
Uniqlo. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode non probability sampling yang menghasilkan sampel sebanyak 150
responden. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan data primer
yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Metode analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif yang diolah dengan menggunakan
software SPSS dan analisis SEM yang diolah dengan menggunakan software
SmartPLS. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa brand consciousness
berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel purchase intention, perceived
quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel purchase intention,
need of uniqueness berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel purchase intention, dan purchase intention berpengaruh positif terhadap variabel purchase
behavior. | en_US |