dc.description.abstract | Media sosial kini telah mengubah dunia terutama pikiran, sikap dan perilaku
individu. Media soisal adalah tempat untuk bebas berpendapat dan tempat untuk
melakukan transaksi jual beli suatu barang secara online. Media sosial saat ini
dianggap sebagai bidang pengembangan yang paling menjanjikan untuk
pemasaran. Persaingan yang ketat pada media sosial saat ini membuat para
marketer untuk merancang strategi yang efektif dan efisien untuk dapat mencapai
konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Influencer media
sosial, kepercayaan, persepsi konsumen, dan citra toko di Instagram terhadap niat
beli konsumen. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh masyarakat di Indonesia
yang menggunakan dan membeli produk secara online di Instagram. Data dari
penelitian ini yaitu data primer menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui
Google Form kepada 205 responden. Teknik dari pengambilan sampel
menggunakan teknik snowball sampling. Analisis yang digunakan yaitu SEM
(Structural Equation Modeling) dan diolah menggunakan aplikasi AMOS versi 24.
Data variabel yang digunakan dalam penelitian ini antara lain variabel
Influencer media sosial, kepercayaan, persepsi konsumen, citra toko dan niat beli.
Variabel tersebut membentuk empat hipotesis. Hasil dari analisis variabel tersebut
menghasilkan pengaruh positif dan signifikan variabel Influencer media sosial
terhadap niat beli, kepercayaan terhadap niat beli, persepsi konsumen terhadap niat
beli, dan citra toko terhadap niat beli. | en_US |