Pengaruh Religiusitas, Kepercayaan Dan Pengetahuan Produk Terhadap Minat Pengajuan Kpr Syariah Di Bank Syariah Indonesia (Bsi) Kc Madiun Agus Salim (The Influence Of Religiusity, Belief And Product Knowledge On Interest To Apply Sharia Kpr At Bank Syariah Indonesia (Bsi) Kc Madiun Agus Salim)
Abstract
Penerbitan KPR Syariah di Bank Syariah Indonesia (BSI) merupakan salah
satu bentuk produk Syariah pada pembiayaan yang merupakan pilihan tepat untuk
masyarakat yang ingin mendapatkan hunian dengan sistem pembayaran yang sesuai
syariat Islam. Akan tetapi muncul permasalahan karena masih terbatas nya
masyarakat jika dilihat dari segi Religiusitas sesuai dengan prinsip dasar syariat
Islam, Kepercayaan masayrakat tehadap KPR Syariah dan kurang nya pengetahuan
produk terhadap KPR Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
Religiusitas, Kepercayaan, Pengetahuan produk, terhadap minat KPR Syariah di
Bank Syariah Indonesia KC Agus Salim Madiun. Data yang digunakan adalah data
primer yaitu dikumpulkan melalui penyebaran kuisioner melalui Google form
didapatkan 125 responden dengan kriteria umur masyarakat di Kota Madiun atau
Kabupaten Madiun yang mengetahui KPR Syariah dan belum pernah mengunakan
produk pembiayaan Syariah. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan
selamakurun waktu dari bulan Januari-Februari 2023. Penelitian ini menggunakan
teknik purposive sampling dilakukannya untuk pengambilan sampel nya. Jenis
penelitian ini adalah dilakukan dengan kuantitatif dengan metode analisis data yang
digunakan adalah regresi berganda dengan menggunakan software SPSS versi 25.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variable Religiusitas (X1), Kepercayaan
(X2), dan Pengetahuan produk (X3), berpengaruh positif signifikan terhadap minat
pengajuan KPR Syariah di Bank Syariah Indonesia (Y). Dalam hal ini, secara
simultan Religiusitas (X1), Kepercayaan (X2), Pengetahuan produk (X3) dengan
hasil berpengaruh positif signifikan terhadap minat pengajuan KPR Syariah di Bank
Syariah Indonesia (Y). Hasil penelitian pada variabel independen yang
mempengaruhi variabel dependen sebesar menunjukan dapat berkontribusi
sejumlah 67,5%. Sedangkan sisa nya 32,5% dipengaruhi dari variabel lain diluar
model.
Collections
- Islamic Economics [827]