Mie Bakso Tenda Biru: Pengembangan Produk Bakso Dan Mie Ayam Tenda Biru
Abstract
Industri makanan pada saat ini menjadi produk yang sangat potensial dalam dunia
perbisnisan. Adanya tingkat konsumsi masyarakat yang tinggi menjadikan faktor
berkembang pesatnya berbagai ide bisnis guna untuk memenuhi kebutuhan
konsumen. Melihat dan menimbang dari hasil survei yang telah dilakukan, penulis
dan tim memilih untuk mengembangkan produk Bakso dan Mie Ayam. Bakso dan
Mie Ayam merupakan makanan yang banyak digemari oleh seluruh kalangan
masyarakat Indonesia. Tidak sedikit pula produk Bakso dan Mie Ayam yang
membutuhkan inovasi untuk menciptakan produk baru yang dapat dikonsumsi
kapan saja. Pada perintisan dan pengembangan bisnis kali ini, penulis dan tim
melakukan rintisan bisnis yang berjudul Mie Bakso Tenda Biru ; Pengembangan
Produk Bakso dan Mie Ayam Tenda Biru. Perintisan dan pengembangan bisnis
dilaksanakan mulai bulan Juli 2022 sampai dengan Desember 2022. Dengan
penjualan yang dilaksanakan melalui pemasaran online, Delivery Order, serta
penjualan langsung di warung Mie Bakso Tenda Biru yang berada di Taman
Kuliner Oepoi Kampung Solor Kupang Nusa Tenggara Timur. Penulis melaporkan
aspek pemasaran dari bisnis Mie Bakso Tenda Biru yang meliputi survei pasar,
pembuatan konten pemasaran, pengenalan produk bakso frozen kepada para
pelanggan, Pembuatan desain logo dan stiker kemasan, dan saling berkoordinasi
dengan antar bidang produksi maupun keuangan. Dalam pelaksanaannya bisnis Mie
Bakso Tenda Biru dinyatakan layak dan telah berhasil menciptakan kesadaran
merek juga pasar potensial. Namun masih sangat diperlukan dalam meningkatkan
strategi pemasaran dan mengintegrasikan dengan bidang produksi dan keuangan
dalam proses pengelolaan bisnis Mie Bakso Tenda Biru.
Collections
- Islamic Economics [828]