Strategi Komunikasi Pemasaran Di Media Sosial Dalam Meningkatkan Daya Beli Konsumen (Studi Pada Media Pemasaran Instagram Ershop Branded Dan Pheashop_)
Abstract
Kemajuan Teknologi saat ini memberikan keuntungan berbagai macam pihak dan
membantu masyarakat. Teknologi yang semakin canggih membuat masyarakat mudah
mendapatkan informasi dan tidak hanya dari satu sumber. Bahkan beberapa perusahaan juga
mendapatkan keuntungan dengan adanya teknologi saat ini. Banyak perusahaan memperlebar
sayapnya dengan mengadakan penjualan online. Ershop Branded dan Pheashop merupakan
perusahaan pakaian atau fashion yang melakukan penjualan secara online melalui Instagram.
Instagram menjadi salah satu platform yang banyak digunakan oleh masyarakat yang ada di
Indonesia. Dengan tersebut membuat Ershop Branded dan Pheashop melakukan beberapa
strategi untuk meningkatkan peminat dengan adanya Instagram saat ini.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi
pemasaran yang digunakan Ershop Branded dan Pheashop dalam meningkatkan daya beli
konsumen melalui media sosial Instagram. Selain itu juga untuk mengetahui perbandingan
strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Ershop Branded dan Pheashop dalam
meningkatkan daya beli konsumen melalui media sosial Instagram. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan
melakukan observasi serta wawancara kepada narasumber yang terkait dengan aktivitas
pemasaran Ershop Branded dan Pheashop yaitu owner dari Ershop Branded dan Pheashop.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ershop Branded mengadakan diskon setiap bulan
dan adanya kupon undian. Kemudian adanya aktivitas E-WOM (Electronic Word of Mouth)
dari konsumen sebelumnya kepada calon konsumen lainnya. Interaksi antara penjual dan
pembeli dilakukan melalui Whatsapp dan adanya admin yang menghandle. Ershop Branded
tidak hanya menggunakan Instagram sebagai pemasaran produknya. Kemudian untuk Pheashop
lebih banyak mengadakan giveaway dan games untuk menarik followers menjadi aktif.
Mengadakan iklan di akun @kabarklaten dengan cara paid promote di akun tersebut. Konsumen
dapat menghubungi Pheashop melalui Whatsapp dan akan diterima oleh admin. Selain itu
penggunaan media sosial selain Instagram untuk memperluas.
Collections
- Communication [990]