Faktor-Faktor yang Memotivasi Penggemar K-pop untuk Mengunjungi Korea Selatan: K-pop, Kedekatan Budaya, dan Keterlibatan Jangka Panjang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa yang dapat
memotivasi seseorang untuk melakukan perjalanan, lebih tepatnya ke Korea
Selatan dengan menggunakan tiga variabel pendukung seperti K-pop, kedekatan
budaya dan keterlibatan jangka panjang. Penelitian ini menggunakan purposive
sampling dengan kriteria penggemar K-pop di Indonesia. Penelitian ini
menggunakan metodologi PLS-SEM untuk mengolah data, serta menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan menggunakan 200 sampel yang merupakan warga
negara Indonesia dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya
hubungan antara K-pop, kedekatan budaya, dan keterlibatan jangka panjang
terhadap motivasi perjalanan dimana menunjukkan adanya hubungan positif
antara variabel independen dengan variabel dependen yang digunakan di dalam
penelitian ini. Dalam penelitian di temukan hasil dimana masing-masing variabel
berhubungan secara positif, hasil tersebut dipengaruhi oleh sampel yang
digunakan dalam penelitian ini mayoritas merupakan penggemar K-pop. Hasil
penelitian diharapkan dapat membantu pihak manajemen di bidang pariwisata
untuk menargetkan pasar. Pada kenyataannya penelitian mengenai motivasi
perjalanan dengan media-induced tourism telah sering dilakukan, namun
penelitian mengenai media-induced tourism lebih sering menggunakan film atau
tv drama series sebagai objek penelitiannya, sehingga dalam penelitian ini penulis
menggunakan objek yang masih jarang ditemui yaitu K-pop.
Collections
- Management [4545]