PENGARUH MANFAAT RELATIF, EFEKTIVITAS BIAYA DAN DUKUNGAN MANAJEMEN TERHADAP ADOPSI MEDIA SOSIAL SERTA DAMPAKNYA BAGI KINERJA UMKM
Abstract
Penggunaan dan Adopsi Media Sosial pada saat ini merupakan hal yang
bersifat umum dan lumrah. Dalam kegiatan bisnis penggunaan media sosial tersebut
memiliki berbagai manfaat dan keunggulan, di mana sekarang banyak digunakan
oleh para pelaku bisnis untuk meningkatkan dan memperluas jangkauan bisnis
mereka, salah satunya yang menggunakannya adalah UMKM. tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui pengaruh manfaat relatif, efektivitas biaya dan
dukungan manajemen terhadap adopsi media sosial serta dampaknya bagi kinerja
UMKM.
Penelitian ini diuji dengan menggunakan metode PLS – SEM (Partial
Least Square – Structural Equation Modeling) melalui aplikasi SmartPLS dengan
jumlah responden 100 UMKM yang berada di 3 kota yaitu D.I Yogyakarta, Klaten
dan Magelang yang dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Hasil
dari penelitian ini menunjukkan bahwa Manfaat relatif tidak berpengaruh positif
terhadap terhadap adopsi media sosial, Efektivitas biaya tidak berpengaruh positif
terhadap adopsi media sosial, Dukungan manajemen berpengaruh secara positif
terhadap adopsi media sosial, dan Adopsi media sosial berpengaruh positif terhadap
kinerja UMKM, Hasil dari penelitian ini dapat digunakan oleh UMKM untuk
dijadikan acuan atau referensi untuk membangun dan mengembangkan bisnis
menggunakan adopsi media sosial.
Collections
- Management [4552]