Faktor yang Memengaruhi Niat Beli Makanan Korea Halal: Studi pada Muslim di Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi faktor-faktor yang
memengaruhi Muslim di Indonesia berniat untuk membeli makanan Korea
bersertifikasi Halal MUI. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling
dengan kriteria Muslim di Indonesia yang mengetahui makanan Korea
bersertifikasi Halal MUI dan berusia > 18 tahun. Penelitian ini mendapatkan 190
responden dan data diolah menggunakan metode PLS-SEM. Variabel yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu pengetahuan tentang makanan Halal, sikap,
religiusitas, dan niat beli. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa
pengetahuan tentang makanan Halal dan religiusitas memengaruhi sikap terhadap
makanan Korea bersertifikasi Halal MUI secara positif dan signifikan.
Pengetahuan tentang makanan Halal dan sikap juga memengaruhi niat beli
makanan Korea bersertifikasi Halal MUI secara positif dan signifikan. Namun,
religiusitas ditemukan tidak memengaruhi niat beli makanan Korea bersertifikasi
Halal MUI. Kontribusi dari penelitian ini terhadap literatur yaitu dilakukannya
pengujian kembali faktor-faktor yang memengaruhi niat beli konsumen dalam
konteks makanan Korea bersertifikasi Halal MUI. Hasil penelitian ini diharapkan
dapat membantu pelaku bisnis pada industri makanan Korea untuk
mengembangkan aspek apa saja yang dapat meningkatkan niat beli Muslim
terhadap makanan Korea bersertifikasi Halal MUI.
Collections
- Management [4548]