dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan determinasi kepuasan dan
loyalitas pelanggan di pusat kebugaran berbiaya rendah di yogyakarta dengan
menguji apakah terdapat pengaruh yang positif terhadap variabel bebas
kenyamanan layanan, kualitas pelayanan, dan atmosfer terhadap variabel terikat
loyalitas dengan variabel intervening kepuasan. Penelitian ini secara empiris
dilakukan dengan penyebaran kuesioner dengan populasi yaitu seluruh pelanggan
Pusat Kebugaran berbiaya rendah di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini sebanyak 366 responden yang mengunjungi pusat
kebugaran berbiaya rendah. Teknik pengambilan sampel menggunakan
convenience sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis SEM dan
diolah dengan aplikasi SmartPLS versi 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel kenyamanan layanan,
kualitas pelayanan, dan atmosfer terhadap kepuasan pelanggan. Selain itu, variabel
kepuasan pelanggan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas
pelanggan. Pada pengujian secara serempak, kenyamanan layanan, kualitas
pelayanan, dan atmosfer dari pusat kebugaran berbiaya rendah berpengaruh secara
positif dan signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. | en_US |