PENGARUH PENDIDIKAN, RELASIONAL, DAN STRUKTURAL TERHADAP NIAT MAHASISWA AKUNTANSI FBE UII UNTUK MENJADI KONSULTAN ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP)
Abstract
Penelitian ini menggunakan Theory of Planned Behavior (TPB) serta
menggunakan variabel pendidikan, relasional struktur, sikap pribadi, dan kontrol
perilaku yang bertujuan untuk mengetahui apakah variabel tersebut dapat
mempengaruhi niat mahasiswa Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika
Universitas Islam Indonesia untuk menjadi konsultan Enterprise Resource
Planning (ERP). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan
metode purposive sampling dan convenince sampling, dengan kriteria sampel yaitu
mahasiswa Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia
yang telah mengambil mata kuliah ERP-SAP. Terkumpul sebanyak 183 responden
yang sesuai dengan kriteria pada penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukan
bahwa dukungan pendidikan tidak berpengaruh terhadap sikap pribadi dan kontrol
perilaku. Selanjutnya dukungan relasional berpengaruh dan signifikan terhadap
sikap pribadi dan kontrol perilaku. Dukungan struktural juga memiliki pengaruh
yang signifikan terhadap sikap pribadi dan kontrol perilaku. Selanjutnya sikap
pribadi dan kontrol perilaku memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat.
Collections
- Management [4703]