Show simple item record

dc.contributor.authorSEPTI ADI JATI PRABOWO
dc.date.accessioned2023-03-15T04:12:59Z
dc.date.available2023-03-15T04:12:59Z
dc.date.issued2023-01-14
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/42768
dc.description.abstractJalan merupakan infrastruktur pokok yang memiliki banyak manfaat untuk kelancaran kegiatan manusia. Untuk meningkatan keamanan dan memperlancar lalu lintas dan dalam upaya menutup perlintasan sebidang jalan yang melewati rel kereta api diperlukan adanya peningkatan jalan. Salah satu bentuk peningkatan jalan tersebut adalah pembuatan flyover rsud wates triharjo di perlintasan jalan Triharjo - RSU dengan rel kereta api. Pengembangan safety plan sebagai objek dalam penelitian ini untuk menganalisis risiko yang berhubungan dengan kecelakaan kerja, diharapkan dapat mengurangi tingkat kecelakaan kerja yang mungkin terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk Mengidentifikasi apa saja bahaya yang dapat menimbulkan kecelakaan pada pekerjaan konstruksi girder flyover, Melakukan penilaian dan analisis tingkat risiko dari bahaya yang mungkin bisa terjadi, dan Membuat pengembangan rencana tindakan pengendalian atau rekomendasi untuk mengurangi tingkat risiko kecelakaan pada pekerjaan konstruksi girder flyover RSUD Wates Triharjo di atas rel kereta api di Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini juga menyusun Rancangan konseptual SMKK berdasar format PermenPUPR No. 10 Tahun 2021 dan diharapkan dapat membantu meningkatkan kinerja Keselamatan Konstruksi dengan menurunkan angka kecelakaan kerja. Identifikasi bahaya yang dilakukan pada 9 pekerjaan ditemukan sebanyak 27 jenis bahaya yang dapat menimbulkan risiko terhadap pekerja, peralatan, material, publik dan lingkungan. Dari 9 pekerjaan yang dianalisis 8 pekerjaan yang ditinjau yaitu memiliki tingkat risiko besar dan sedang. Penilaian risiko dilakukan terhadap pekerjaan yang mempunyai tingkat risiko besar dan sedang. Pengembangan Safety Plan dengan Rencana tindakan pengendalian risiko dilakukan berdasarkan hierarki pengendalian mulai dari eliminasi, substitusi, rekayasa teknik, administrasi dan menggunakan alat pelindung diri (APD) serta mengikuti peraturan yang berlaku. Hasil pengendalian risiko dilakukan validasi oleh pakar terhadap penelitian terdahulu. Hasil identifikasi, Penilaian tingkat risiko dan pengendalian risiko dituangkan dalam rancangan konseptual SMKK perancangan konstruksi yang akan menjadi panduan dalam pelaksanaan konstruksi.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titlePengembangan Safety Plan Pada Pekerjaan Jalan Dan Jembatan Yang Melintasi Rel Kereta Api Untuk Meningkatkan Kinerja Keselamatan Konstruksi (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Flyover Rsud Wates Triharjo Di Kabupaten Kulon Progo)en_US
dc.Identifier.NIM18914023


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record