Kompetensi Guru Menurut Kitab Uṣhūlut Tarbiyah Wa At-Ta’līm Dan Relevansi Di Sekolah Sma Perjuangan Terpadu Kota Depok, Jawa Barat
Abstract
Lembaga pendidikan yang berkualitas adalah lembaga yang tidak
mementingkan hasil dan outputnya, akan tetapi jauh lebih penting proses
keberlangsungan dalam proses mendidik peserta didiknya. Proses pendidikan dapat
menentukan berhasil atau tidaknya seorang guru dalam mengajar peserta didiknya.
Saat ini kompetensi guru sangat penting untuk menjadikan sekolah yang berkulitas
agar sekolah dapat menghasilkan murid yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan
mengetahui kompetensi guru yang dijelaskan dalam kitab Uṣhūlut Tarbiyah Wa
At-Ta’līm dan mengetahui relevansinya dengan kompetensi guru di dekolah SMA
Perjuangan Terpadu.
Penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian lapangan (field
research), Jenis pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.
Informan penelitian ini kepala sekolah SMA Perjuangan Terpadu, Komite Sekolah,
dan tiga guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan
observasi. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa reduksi
data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kompetensi guru dalam kitab
Uṣhūlut Tarbiyah Wa At-Ta’līm merupakan hal yang penting dimiliki oleh seorang
guru yaitu: sebagai kompetensi pedagogis itu kemampuan guru dalam mengelola
pembelajaran pada peserta didik perancangan dan pelaksanaan pembelajaran,
evaluasi hasil belajar, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, sifat
kepribadian atau akhlaq yang baik, profesional dalam profesi sebagai guru,
kemampuan sosial yang baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah. (2)
kompetensi guru di sekolah SMA Perjuangan Terpadu saat ini sesuai dan saling
berkaitan dengan kitab Uṣhūlut Tarbiyah Wa At-Talīm, yang dimiliki oleh guru
yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi professional,
dan kompetensi sosial. Artinya guru SMA Perjuangan Terpadu mampu
melaksanakan proses pembelajaran dengan baik, mulai dari perancangan
pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran hingga akhir pembelajaran dengan
evaluasi hasil belajar. Dari segi kompetensi kepribadian guru di sekolah SMA
Perjuangan Terpadu memiliki karakter dan kepribadian pengajar yang baik.
Collections
- Islamic Education [863]