Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Muzhoffar Akhwan, M.A
dc.contributor.authorDANU FIRMAN SETIAJI
dc.date.accessioned2023-03-09T02:15:09Z
dc.date.available2023-03-09T02:15:09Z
dc.date.issued2021-12-07
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/42666
dc.description.abstractLembaga pendidikan yang berkualitas adalah lembaga yang tidak mementingkan hasil dan outputnya, akan tetapi jauh lebih penting proses keberlangsungan dalam proses mendidik peserta didiknya. Proses pendidikan dapat menentukan berhasil atau tidaknya seorang guru dalam mengajar peserta didiknya. Saat ini kompetensi guru sangat penting untuk menjadikan sekolah yang berkulitas agar sekolah dapat menghasilkan murid yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan mengetahui kompetensi guru yang dijelaskan dalam kitab Uṣhūlut Tarbiyah Wa At-Ta’līm dan mengetahui relevansinya dengan kompetensi guru di dekolah SMA Perjuangan Terpadu. Penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian lapangan (field research), Jenis pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Informan penelitian ini kepala sekolah SMA Perjuangan Terpadu, Komite Sekolah, dan tiga guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kompetensi guru dalam kitab Uṣhūlut Tarbiyah Wa At-Ta’līm merupakan hal yang penting dimiliki oleh seorang guru yaitu: sebagai kompetensi pedagogis itu kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada peserta didik perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, sifat kepribadian atau akhlaq yang baik, profesional dalam profesi sebagai guru, kemampuan sosial yang baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah. (2) kompetensi guru di sekolah SMA Perjuangan Terpadu saat ini sesuai dan saling berkaitan dengan kitab Uṣhūlut Tarbiyah Wa At-Talīm, yang dimiliki oleh guru yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi professional, dan kompetensi sosial. Artinya guru SMA Perjuangan Terpadu mampu melaksanakan proses pembelajaran dengan baik, mulai dari perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran hingga akhir pembelajaran dengan evaluasi hasil belajar. Dari segi kompetensi kepribadian guru di sekolah SMA Perjuangan Terpadu memiliki karakter dan kepribadian pengajar yang baik.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titleKompetensi Guru Menurut Kitab Uṣhūlut Tarbiyah Wa At-Ta’līm Dan Relevansi Di Sekolah Sma Perjuangan Terpadu Kota Depok, Jawa Baraten_US
dc.Identifier.NIM17422073


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record