Determinan Penggunaan Dan Manfaat Instagram Sebagai Media Promosi Pada Bisnis Digital Di Masa Pandemi
Abstract
Penelitian ini merupakan hasil determinan penggunaan dan manfaat Instagram
sebagai media promosi pada bisnis digital di masa pandemi. Teknik pengambilan
sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel
dalam penelitian ini adalah para pelaku usaha (online shop). Data yang
dikumpulkan sebanyak 160 responden dengan menggunakan kuesioner melalui
Google Form. Metode analisis data menggunakan metode Partial Least Square
(PLS) dengan bantuan software SmartPLS v3.3.3. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa Ekspektasi Usaha dan Kebiasaan berpengaruh positif signifikan terhadap
niat penggunaan Instagram sebagai media promosi. Sedangkan Ekspektasi Kinerja,
Pengaruh Sosial, Kondisi Memfasilitasi, dan Motivasi Hedonis tidak ditemukan
memiliki pengaruh yang signifikan. Sedangkan Niat Penggunaan Instagram sebagai
media promosi berpengaruh positif signifikan terhadap Penggunaan Instagram.
Dan, Penggunaan Instagram sebagai media promosi berpengaruh positif signifikan
terhadap manfaat Instagram.
Collections
- Akuntansi [4486]