Kolaborasi Peran Guru Dan Wali Murid Dalam Implementasi Program ‘Smart Parenting’ Untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini Di Ra Muslimat Nukluwut Brebes
Abstract
Anak usia dini memiliki kecenderungan untuk selalu aktif bergerak, rasa
keingintahuan yang besar akan hal baru, gemar mengekspresikan diri dengan begitu
kreatif, dan memiliki segudang imajinasi. Di masa seharusnya anak mendapatkan
pengalaman belajar yang menyenangkan di usianya, tidak sedikit wali murid yang
banyak menuntut anaknya agar cepat menguasai kemampuan membaca, menulis, dan
berhitung. Hal tersebut menjadi ide gagasan RA Muslimat NU Kluwut untuk
menyelenggarakan program ‘Smart Parenting’ bagi para wali murid. Penelitian ini
berfokus pada kolaborasi peran guru dan wali murid dalam implementasi program
‘Smart Parenting’. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kolaborasi peran
guru dan wali murid dalam implementasi program ‘Smart Parenting’ dan upaya
membentuk karakter anak usia dini di RA Muslimat NU Kluwut sebagai hasil dari
diselenggarakannya program tersebut.
Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif analisis deskriptif. Dengan
teknik penentuan informan penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling,
informan yang dipilih pada penelitian ini yakni Kepala Sekolah, Guru, Penanggung
Jawab Kegiatan, dan Wali Murid. Teknik pengumpulan data melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Sementara teknik analisis data dimulai dengan
pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dengan
model Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kolaborasi antara guru dan wali murid di
RA Muslimat NU Kluwut telah berjalan baik dengan perannya masing-masing. Program
‘Smart Parenting’ diadakan 2-3 bulan sekali. Wali murid belajar tentang pola asuh dan
diberi materi tentang kesehatan ibu dan anak dalam beragam tema menarik. Manfaatnya
untuk meningkatkan kesadaran wali murid agar andil dalam pembelajaran karakter anak
usia dini karena tanggung jawab tersebut tidak hanya menjadi tugas guru. Namun
membutuhkan peran wali murid dalam prosesnya meliputi keterbukaan komunikasi
antara guru dan wali murid terkait permasalahan yang dihadapi anak didik dalam
pembelajaran.
Collections
- Islamic Education [863]