Show simple item record

dc.contributor.authorZIDNY ILMAN NAFI AHMED
dc.date.accessioned2023-03-06T03:42:18Z
dc.date.available2023-03-06T03:42:18Z
dc.date.issued2023-01-09
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/42579
dc.description.abstractAnak usia dini memiliki kecenderungan untuk selalu aktif bergerak, rasa keingintahuan yang besar akan hal baru, gemar mengekspresikan diri dengan begitu kreatif, dan memiliki segudang imajinasi. Di masa seharusnya anak mendapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan di usianya, tidak sedikit wali murid yang banyak menuntut anaknya agar cepat menguasai kemampuan membaca, menulis, dan berhitung. Hal tersebut menjadi ide gagasan RA Muslimat NU Kluwut untuk menyelenggarakan program ‘Smart Parenting’ bagi para wali murid. Penelitian ini berfokus pada kolaborasi peran guru dan wali murid dalam implementasi program ‘Smart Parenting’. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kolaborasi peran guru dan wali murid dalam implementasi program ‘Smart Parenting’ dan upaya membentuk karakter anak usia dini di RA Muslimat NU Kluwut sebagai hasil dari diselenggarakannya program tersebut. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif analisis deskriptif. Dengan teknik penentuan informan penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, informan yang dipilih pada penelitian ini yakni Kepala Sekolah, Guru, Penanggung Jawab Kegiatan, dan Wali Murid. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sementara teknik analisis data dimulai dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dengan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa kolaborasi antara guru dan wali murid di RA Muslimat NU Kluwut telah berjalan baik dengan perannya masing-masing. Program ‘Smart Parenting’ diadakan 2-3 bulan sekali. Wali murid belajar tentang pola asuh dan diberi materi tentang kesehatan ibu dan anak dalam beragam tema menarik. Manfaatnya untuk meningkatkan kesadaran wali murid agar andil dalam pembelajaran karakter anak usia dini karena tanggung jawab tersebut tidak hanya menjadi tugas guru. Namun membutuhkan peran wali murid dalam prosesnya meliputi keterbukaan komunikasi antara guru dan wali murid terkait permasalahan yang dihadapi anak didik dalam pembelajaran.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titleKolaborasi Peran Guru Dan Wali Murid Dalam Implementasi Program ‘Smart Parenting’ Untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini Di Ra Muslimat Nukluwut Brebesen_US
dc.Identifier.NIM18422162


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record