Peran Mediasi Literasi Keuangan Pada Pengaruh Religiusitas Terhadap Perilaku Keuangan Di Kalangan Aktivis Perempuan Muslim (Studi Kasus Padafatayat Nu Dan Nasyiatul Aisyiah Diy)
Abstract
Modernisasi telah menggeser peran perempuan dari ruang domestik ke ruang
publik. Perubahan ini juga mempengaruhi perilaku keuangan mereka, dari model
tradisional berdasarkan nilai-nilai normatif yang abstrak menjadi lebih rasional.
Beberapa penelitian telah menyelidiki pengaruh pengetahuan modern terhadap
perilaku keuangan perempuan, namun hasilnya masih bervariasi. Penelitian ini
menyelidiki peran literasi keuangan dalam memediasi pengaruh agama terhadap
perilaku keuangan aktivis perempuan muslim di Provinsi Yogyakarta. Sebanyak
195 responden dari 2 (dua) kelompok aktivis perempuan, yaitu Fatayat NU dan
Nasyiatul Aisyiah, dianalisis dengan menggunakan PLS-SEM 4.0. Dianalisis
menggunakan Theory of Planned Behavior (TPB), diperoleh hasil bahwa literasi
keuangan memediasi pengaruh agama terhadap perilaku keuangan. Literasi
keuangan membantu perempuan mengelola perilaku keuangan mereka secara lebih
produktif dan menafsirkan ajaran agama yang abstrak secara rasional, mengikuti
logika ekonomi modern. Penelitian ini juga mendukung hasil penelitian
sebelumnya bahwa perempuan cenderung memiliki religiusitas intrinsik (inward
looking).
Collections
- Master of Management [408]