Pengaruh Terpaan Iklan Di Instagram Dan Brand Image Terhadap Minat Pengunjung Pariwisata Dusun Semilir Pada Followers Akun @Dusunsemilir
Abstract
Dusun Semilir menggunakan “merek” untuk memenangkan persaingan sebagai strategi
pemasaran. Iklan melalui media sosial seperti Instagram pun dijadikan media terpaan iklan yang
sangat penting dalam pemasaran. Contoh unggahan iklan Dusun Semilir yang pernah viral adalah
video Instagram “Wisata Kekinian yang Instagramable di Dusun Semilir” pada 7 September 2019
yang kini telah ditonton 29.000 orang dan diantaranya 1.400 yang menekan tombol “suka” per
tanggal 1 Maret 2022. Riset ini mempunyai tujuan guna membuktikan ada tidaknya pengaruh
terpaan iklan di Instagram dan brand image terhadap minat pengunjung pariwisata Dusun Semilir
pada followers akun @dusunsemilir.
Riset ini berjenis eksplanasi kuantitatif dengan metode kuesioner. Sampel sejumlah 100
orang dari total 200.000 populasi. Teknik pengumpulan sampel non probability sampling
berbentuk purposive sampling. Kuesioner dites dengan uji validitas dan uji reliabilitas sebelum
dibagikan ke seluruh sampel. Setiap butir kuesioner dijawab oleh responden pada September 2022
lewat direct message Instagram. Teknik analisis yakni regresi linier berganda dan uji normalitas.
Terpaan iklan di Instagram (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat
pengunjung Dusun Semilir (Y) dalam besaran 33,5%. Kemudian, brand image (X2) berpengaruh
positif dan signifikan terhadap minat pengunjung Dusun Semilir (Y) dalam besaran 39,6%.
Terakhir, terpaan iklan di Instagram (X1) dan brand image (X2) berpengaruh positif dan signifikan
terhadap minat pengunjung Dusun Semilir (Y) dalam besaran 54,3%.
Collections
- Communication [990]