Merakit Balok Menggunakan Ar (Augmented Reality)
Abstract
Merakit menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBJ) artinya “menyusun dan
menggabungkan bagian-bagian mobil, perahu, mesin, dan sebagainya sampai dapat berfungsi
dengan baik”. Perakitan dimulai apabila obyek sudah siap untuk dipasang dan berakhir bila
obyek tersebut telah bergabung secara sempurna.
Di zaman yang modem ini, merakit bukan hanya sekedar pekerjaan yang dilakukan
hanya untuk mencari nafkah, sudah banyak orang, baik dari kalangan muda maupun kalangan
tua, yang memiliki hobi merakit sebagai cara untuk relaksasi sambil mengisi waktu lang
mereka. Walaupun sebagai cara untuk relaksasi, masih banyak juga orang yang mengalami
kesulitan ketika merakit dikarenakan instruksi untuk merakit ditampilkan masih bersifat 2
Dimensi dan benda/hal yang dirakit bersifat 3 Dimensi
Pada perancangan aplikasi ini, penulis menggunakan teknologi AR (4ugmented Reality)
berbasis android sebagai aplikasi untuk membantu mempermudah perakitan. Penulis memilih
unity sebagai engine-nya dikarenakan unity bersifat open-source atau gratis, dan dikarenakan
sudah banyak aplikasi yang menggunakan unity sebagai engine-nya, baik dari developer indie
hingga developer terkenal seperti Ubisoft. Perancangan sistem ini penulis menggunakan
Metode Waterfall untuk metode pengembangannya.
Collections
- Informatics Engineering [2170]