Hubungan Antara Self Esteem Dan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Kimia Di Sma Muhammadiyah 1 Weleri
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara self
esteem dan motivasi belajar peserta didik di SMA Muhammadiyah 1 Weleri.
Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik yang ada di SMA
Muhammadiyah 1 Weleri sebanyak 106 peserta didik. Sampel penelitian ini adalah
seluruh peserta didik kelas XI di SMA Muhammadiyah 1 Weleri sebanyak 41
peserta didik. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive
sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
teknik non tes dengan bentuk instrumen angket. Instrumen self esteem dan motivasi
belajar yang berbentuk angket ini kemudian disebarkan secara offline di SMA
Muhammadiyah 1 Weleri. Teknik analisis data dilakukan melalui uji statistik yaitu
uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Uji prasyarat analisis yang dilakukan yaitu
uji normalitas dengan menggunakan software SPSS 16.0 dengan kriteria Shapirowilk
dan uji linieritas yang digunakan Deviation From Linearity. Uji hipotesis
menggunakan uji statistik uji korelasi parametrik yaitu Pearson Product Moment
dan non parametrik yaitu Uji Rank Spearman. Berdasarkan hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara self esteem dan
motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran kimia di SMA Muhammadiyah 1
Weleri dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai koefisien korelasinya
0,684.
Collections
- Chemistry Education [330]