Hubungan Kecemasan Dan Kemandirian Belajar Dengan Motivasi Berprestasi Kimia Siswa Di Kelas Xii Sman 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan
antara variabel kecemasan belajar, kemandirian belajar dan motivasi berprestasi
kimia siswa di kelas XII MIPA SMAN 4 Tasikmalaya. Penelitian ini merupakan
penelitian dengan jenis korelasi. Populasi yang terdapat pada penelitian ini adalah
siswa kelas XII MIPA di SMAN 4 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023 yang
berjumlah 5 kelas. Sampel pada penelitian ini sebanyak 104 siswa yang terdiri dari
kelas XII MIPA 1, XII MIPA 2 dan XII MIPA 3. Metode sampling yang digunakan
adalah Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan
metode non tes yaitu berbentuk angket kecemasan belajar, kemandirian belajar dan
motivasi berprestasi yang diambil melalui media Google Form. Teknik analisis data
dalam penelitian ini menggunakan uji parametrik yaitu uji korelasi ganda. Hasil
dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan signifikan antara kecemasan dan
kemandirian belajar secara simultan dengan motivasi berprestasi kimia siswa kelas
XII MIPA di SMAN 4 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023 dengan nilai
signifikansi 0,000 dan koefisien korelasi (R) sebesar 0,796 dengan interpretasi
ketiga variabel memiliki korelasi yang kuat.
Collections
- Chemistry Education [324]