Show simple item record

dc.contributor.authorKHAIRINA AULIA
dc.date.accessioned2023-02-08T07:02:31Z
dc.date.available2023-02-08T07:02:31Z
dc.date.issued2022-12-29
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/42410
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara variabel kecemasan belajar, kemandirian belajar dan motivasi berprestasi kimia siswa di kelas XII MIPA SMAN 4 Tasikmalaya. Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis korelasi. Populasi yang terdapat pada penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA di SMAN 4 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 5 kelas. Sampel pada penelitian ini sebanyak 104 siswa yang terdiri dari kelas XII MIPA 1, XII MIPA 2 dan XII MIPA 3. Metode sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan metode non tes yaitu berbentuk angket kecemasan belajar, kemandirian belajar dan motivasi berprestasi yang diambil melalui media Google Form. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji parametrik yaitu uji korelasi ganda. Hasil dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan signifikan antara kecemasan dan kemandirian belajar secara simultan dengan motivasi berprestasi kimia siswa kelas XII MIPA di SMAN 4 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023 dengan nilai signifikansi 0,000 dan koefisien korelasi (R) sebesar 0,796 dengan interpretasi ketiga variabel memiliki korelasi yang kuat.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titleHubungan Kecemasan Dan Kemandirian Belajar Dengan Motivasi Berprestasi Kimia Siswa Di Kelas Xii Sman 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023en_US
dc.Identifier.NIM19614050


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record