Hubungan Aktivitas Belajar Kimia Dan Kepercayaan Diri Peserta Didik Kelas Xi Mipa Sma Negeri 2 Rangkasbitung Tahun Ajaran 2022/2023
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara variabel
aktivitas belajar kimia dan kepercayaan diri peserta didik di kelas XI MIPA SMAN
2 Rangkasbitung. Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis korelasi.
Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA di SMAN 2
Rangkasbitung tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 6 kelas sedangkan sampel
pada penelitian ini adalah 105 peserta didik yang terdiri dari kelas XI MIPA 1, XI
MIPA 5, dan XI MIPA 6. Metode sampling yang digunakan adalah Purposive
Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan metode non tes
yaitu berbentuk angket untuk aktivitas belajar kimia dan self confidence peserta
didik yang diambil melalui media kertas. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan uji statistika non Parametrik yaitu uji Spearman. Hasil dalam
penelitian ini adalah terdapat hubungan positif dan signifikan antara aktivitas
belajar dan self confidence peserta didik kelas XI MIPA SMAN 2 Rangkasbitung
dengan nilai signifikansi sebesar 0,039.
Collections
- Chemistry Education [325]