Hubungan Kesiapan Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Kimia Materi Hidrokarbon Di Smk Bina Harapan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kriteria kesiapan belajar siswa pada
pembelajaran kimia, 2) kriteria minat belajar siswa, 3) ada atau tidaknya hubungan
antara kesiapan belajar dengan minat belajar siswa pada materi tata nama senyawa
hidrokarbon. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X, XI, XII SMK Bina
Harapan yang berjumlah 6 kelas. Sampel yang digunakan sebanyak 51 siswa. Teknik
pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Adapun
teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa teknik non tes
berupa angket. Instrumen pada penelitian ini disebarkan menggunakan google form.
Teknis analisis data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan uji statistik yaitu
uji prasyarat serta uji hipotesis. Uji prasyarat analisis yang digunakan menggunakan uji
normalitas dan uji linieritas, sementara pada uji hipotesis yang digunakan adalah uji
korelasi spearman. Berdasarkan uji spearman, hasil penelitian yang diperoleh adalah
terdapat hubungan yang signifikan antara kesiapan belajar dengan minat belajar siswa
di SMK Bina Harapan dengan nilai signifikansi 0,000 dan koefisien korelasi 0,732
dengan tingkat hubungan korelasi yang kuat.
Collections
- Chemistry Education [324]