Hubungan Antara Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Dasar - Dasar Kimia Di Smk N 1 Cangkringan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan
antara gaya belajar terhadap prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran dasar
- dasar kimia di SMK N 1 Cangkringan. Penelitian ini merupakan penelitian
korelasi. Populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas X, XI, XII jurusan
Analisis Pengujian Laboratorium. Sampel diambil dengan teknik pengambilan
sampel berupa purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 64 peserta
didik dari kelas X jurusan Analisis Pengujian Laboratorium. Pengambilan data
dilakukan dalam bentuk angket untuk variabel gaya belajar, dokumen nilai ulangan
untuk variabel prestasi belajar. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji
statistik non – parametrik yaitu uji Spearman karena tidak memenuhi syarat uji
normalitas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat hubungan yang
signifikan antara gaya belajar terhadap prestasi belajar peserta didik pada
pembelajaran kimia di SMK N 1 Cangkringan dengan nilai sig. Korelasi sebesar
0,049 dan Correlation Coefficient 0,247 yang menunjukkan korelasi lemah.
Collections
- Chemistry Education [324]