Hubungan Antara Self-Efficacy Dengan Kreativitas Peserta Didik Dalam Pembelajaran Kimia Di Sma Negeri 1 Jalaksana Kuningan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan
antara self-efficacy dengan kreativitas peserta didik dalam pembelajaran kimia di
SMA Negeri 1 Jalaksana Kuningan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa
MIPA kelas X, XI, dan XII SMA Negeri 1 Jalaksana yang berjumlah 538. Sampel
penelitian yang digunakan yaitu seluruh siswa kelas XI MIPA yang berjumlah 179
siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik non-tes dengan
bentuk instrumen berupa angket tertutup. Instrumen self-efficacy dan kreativitas
siswa yang berbentuk angket ini disebarkan secara langsung kepada siswa. Teknik
analisis data dilakukan melalui uji statistik yaitu uji prasayarat dan uji hipotesis. Uji
prasyarat analisis yang dilakukan yaitu uji normalitas menggunakan KolmogorovSmirnov
dan
uji
linearitas
menggunakan
Deviation
from
linearity.
Hasil data tersebut
menunjukkan bahwa kedua variabel linear namun tidak berdistibusi normal, sehingga
Uji hipotesis yang digunakan menggunakan uji korelasi non-parametrik Spearman.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan yang
signifikan antara self-efficacy dengan kreativitas peserta didik dalam pembelajaran
kimia di SMAN 1 Jalaksana Kuningan dengan nilai signifikansi sebesar 0,009.
Collections
- Chemistry Education [324]