Analisis Faktor-Faktor Minat Dan Perilaku Pembayaran Non Tunai Pada Mahasiswa Universitas Islam Indonesia : Pendekatan Model Utaut 2
Abstract
E-money merupakan sebuah alat pembayaran dalam bentuk elektronik dimana
nilai uangnya tersimpan dalam sebuah media yang bersifat elektronik.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor minat dan perilaku
pembayaran non tunai pada mahasiswa Universitas Islam Indonesia dengan
pendekatan model unified theory of acceptance and use behavior 2 (UTAUT
2). Faktor-faktor minat dan perilaku pembayaran non tunai dengan pendekatan
unified theory of acceptance and use behavior 2 (UTAUT 2) tersebut
diantaranya adalah behavioral intention, use behavior, performance expetancy,
effort expetancy, social influence, facilitating condition, hedonic motivation,
price value, dan habit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode kuantitatif, dimana data yang diperoleh melalui hasil pengumpulan
kuesioner online google form dengan jumlah 220 sampel. Metode analisis data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah partial least square-structral
equation modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
performance expetancy, effort expetancy, hedonic motivation, dan habit
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan e-money.
Kemudian social influence dan facilitating condition berpengaruh positif
namun tidak signifikan terhadap minat menggunakan e-money. Serta
facilitating condition dan behavioral intention berpengaruh positif dan
signifikan terhadap perilaku penggunaan e-money.
Collections
- Islamic Economics [826]