Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. Aden Wijdan Syarif Zaidan, M. Si
dc.contributor.authorHINDUN
dc.date.accessioned2023-02-07T07:46:18Z
dc.date.available2023-02-07T07:46:18Z
dc.date.issued2023-01-09
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/42348
dc.description.abstractPenelitian Implementasi Metode Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTAQ) pasca PTMT di SD Muhammadiyah Pakem ingin menemukan bagaimana perbedaan Implementasi Metode Pembelajaran BTAQ, Faktor Pendukung & Penghambat, dan Hasil pada masa PTMT dan Pasca PTMT di SD Muhammadiyah Pakem. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah peneliti ingin mendeskripsikan mengenai Implementasi Metode Pembelajaran BTAQ, Faktor Pendukung & Penghambat, serta Hasil dari BTAQ pada masa PTMT dan Pasca PTMT di SD Muhammadiyah Pakem. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berisi penjelasan mengenai data yang diperoleh di lapangan. Terdapat tiga teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang sudah didapat kemudian dianalisis tiga prosedur, yaitu mereduksi data, memaparkan data tersebut, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa 1) implementasi pembelajaran menggunakan metode Iqro’ secara privat. Pada masa PTMT dilakukan secara daring melalui video call. Sedangkan pada masa pasca PTMT dilakukan secara offline. 2) faktor pendukung & penghambat pembelajaran BTAQ pada masa PTMT: handphone, wifi/paket data, kerja sama antara guru dengan orang tua, dan kemampuan siswa. Sedangkan pasca PTMT yaitu kerja sama antara guru dengan orang tua siswa, dan kemampuan konsentrasi siswa. 3) hasil pembelajaran BTAQ pada masa PTMT: kurang berhasil sedangkan pasca PTMT masih belum terlihat namun sejauh ini perkembangannya baik.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titleImplementasi Metode Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (Btaq) Pasca Ptmt Di Sd Muhammadiyah Pakemen_US
dc.Identifier.NIM18422029


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record