Analisis Resepsi Etos Kerja Dalam Drama Korea Start-Up
Abstract
Drama Start-Up merupakan tayangan serial drama Korea Selatan yang sangat populer
di Indonesia. Popularitasnya membuat penonton terbagi dua kubu yaitu Tim Do-San dan Tim
Ji-Pyeong. Drama ini juga populer berkat tema perusahaan rintisan (startup) di tahun 2020.
Animo masyarakat yang tinggi akan tayangan Start-Up menjadikan drama ini sebagai objek
penelitian karena peneliti ingin melihat bagaimana resepsi etos kerja dalam serial drama
korea Start-Up. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subjek merupakan
kelompok generasi milenial yang berada pada range usia 23-39 tahun. Pengumpulan data
menggunakan metode wawancara dengan dasar pertanyaan resepsi analisis terhadap serial
drama Korea Start-Up. Data primer diperoleh langsung dari responden berdasarkan hasil
wawancara yang berupa data diri responden serta hasil dari beberapa pertanyaan yang
ditanyakan oleh peneliti. Pemaknaan yang ditemukan yaitu secara seluruh jawaban responden
berada pada Dominan Hegemonik terhadap adanya etos kerja didalam tayangan drama
tersebut. Poin-poin posisi dominan tersebut yaitu pada nilai tanggung jawab, kreativitas,
kompetisi, dan kemurahan hati. Lalu terdapat tiga poin etos kerja mendapatkan jawaban
negosiasi yaitu kerja keras, disiplin waktu, dan rasa adil meskipun jawaban responden ini
merupakan jawaban minoritas. Jawaban negosiasi hanya ditemukan di masing-masing poin
satu responden. Sedangkan jawaban oposisi dari salah satu responden pada poin kerja keras.
berdasarkan hasil yang didapat dari responden dapat diketahui generasi milenial memiliki
pandangan yang sama tentang etos kerja didalam drama Start-Up.
Collections
- Communication [942]