dc.description.abstract | Pada penelitian yang dilakukan mengenai pengaruh Challenge Stressors dan Job Demand
terhadap Kreativitas yang dimediasi oleh Work Engagement. Penelitian yang dilakukan bertujuan
untuk mengetahui pengaruh mediasi Work Engagement terhadap Kreativitas. Pada penelitian ini
dilakukan secara kuantitatif yang melibatkan 120 data responden penelitian sendiri terdiri dari
driver ojek online baik dari Go-Jek, Grab, Shopee-Food, dan Maxim yang tersebar di beberapa
kota besar Indonesia seperti Palembang, Bekasi, Madiun, Pontianak, dan Yogyakarta.
Pengambilan Sampel menggunakan analisis menggunakan metode Purposive sampling dengan
cara menyebar kuesioner melalui Google form yang dilakukan dengan cara menyebar lewat Social
media Facebook, yang di dalamnya terdapat Group driver ojek online, baik itu driver yang berasal
dari kota Palembang, Madiun, Yogyakarta, Bekasi, ataupun Pontianak. Selain itu penelitian datang
langsung ke tempat responden berkumpul untuk meminta bantuan terhadap responden mengisi
kuesioner tersebut, dan meminta bantuan terhadap para driver dan menyebar kembali link
kuesioner tersebut kepada para rekan-rekan driver ojek online melalui group Whatsapp.
Penelitian ini memiliki sebuah hasil yang menunjukan bahwa variabel Challenge Stressors
memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel Kreativitas, dan work
engagement, begitu juga dengan variabel Job demand terhadap kreativitas dan work engagement
yang efek medasi tidak terdukung. Work engagement sendiri memediasi Challenge stressors
terhadap Kreativitas dan juga Job Demand terhadap Kreativitas. Dengan adanya penelitian ini
diharapkan dapat membantu menyajikan sebuah alasan yang kuat dan mengimplementasikan
Challenge stressors dan work engagement di dalam sebuah perusahaan jasa driver online.
Kata Kunci : Challenge Stressors, Job Demand, Work Engagement,Kreativitas | en_US |