Penerapan Model Pembelajaran Pair Checks Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X Sma Negeri 1 Subang Pada Materi Hukum Dasar Kimia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang
signifikan penerapan model pembelajaran pair checks terhadap prestasi belajar
peserta didik kelas X SMA Negeri | Subang pada materi Hukum Dasar Kimia.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu Quasi-
Experimental Design dengan menggunakan Posttest-Only Nonequivalent Control
Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X
SMA Negeri | Subang tahun ajaran 2021/2022 yang terdiri dari 7 kelas MIPA.
Sampel penelitian yang diambil sebanyak 2 kelas yaitu kelas X MIPA 5 sebagai
kelas eksperimen yang berjumlah 36 orang dan kelas X MIPA 6 sebagai kelas
kontrol yang berjumlah 34 orang. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan
teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah
instrumen prestasi belajar aspek pengetahuan dengan teknik pengumpulan data
menggunakan teknik tes berupa soal objektif (pilihan ganda). Teknik analisis data
menggunakan analisis statistika non parametrik yaitu uji Mann-Whitney untuk
mengukur variabel prestasi belajar peserta didik aspek pengetahuan. Berdasarkan
hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan
penerapan model pembelajaran pair checks terhadap prestasi belajar peserta didik
kelas X SMA Negeri | Subang pada materi Hukum Dasar Kimia dengan nilai
signifikansi sebesar 0,009.
Collections
- Chemistry Education [330]