Penerapan Model Pembelajaran Pair Checks Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X Sma Negeri 1 Subang Pada Materi Hukum Dasar Kimia
dc.contributor.author | AMARA DWI AYUNI | |
dc.date.accessioned | 2023-01-31T07:52:32Z | |
dc.date.available | 2023-01-31T07:52:32Z | |
dc.date.issued | 2022 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/42169 | |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan penerapan model pembelajaran pair checks terhadap prestasi belajar peserta didik kelas X SMA Negeri | Subang pada materi Hukum Dasar Kimia. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu Quasi- Experimental Design dengan menggunakan Posttest-Only Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri | Subang tahun ajaran 2021/2022 yang terdiri dari 7 kelas MIPA. Sampel penelitian yang diambil sebanyak 2 kelas yaitu kelas X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 orang dan kelas X MIPA 6 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 orang. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen prestasi belajar aspek pengetahuan dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa soal objektif (pilihan ganda). Teknik analisis data menggunakan analisis statistika non parametrik yaitu uji Mann-Whitney untuk mengukur variabel prestasi belajar peserta didik aspek pengetahuan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan penerapan model pembelajaran pair checks terhadap prestasi belajar peserta didik kelas X SMA Negeri | Subang pada materi Hukum Dasar Kimia dengan nilai signifikansi sebesar 0,009. | en_US |
dc.publisher | UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA | en_US |
dc.title | Penerapan Model Pembelajaran Pair Checks Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X Sma Negeri 1 Subang Pada Materi Hukum Dasar Kimia | en_US |
dc.Identifier.NIM | 19614028 |
Files in this item
Files | Size | Format | View |
---|---|---|---|
There are no files associated with this item. |
This item appears in the following Collection(s)
-
Chemistry Education [325]