Penerapan Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share (Tps) Pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X Mipa Sma N Glenmore
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan
pada penerapan model pembelajaran tipe think pair share (TPS) terhadap prestasi
belajar peserta didik pada materi hukum-hukum dasar kimia kelas K MIPA SMA
N Glenmore. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen menggunakan Quasi
Eksperimental Design yaitu Posttest Only With Nonequivalent Groups Design.
Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMA N Glenmore
Tahun Ajaran 2021/2022 yaitu 5 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan
teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik tes tertulis dengan instrumen soal pilihan ganda untuk
mendapatkan data prestasi belajar peserta didik aspek pengetahuan. Teknik analisis
data menggunakan statistika Non Parametric uji Mann-Whitney. Hasil uji hipotesis
dengan uji Mann-Whitney menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan
pada penerapan model pembelajaran tipe think pair share (TPS) terhadap prestasi
belajar peserta didik pada materi hukum-hukum dasar kimia antara peserta didik
yang mengikuti model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan peserta didik
yang mengikuti pembelajaran konvensional dengan nilai signifikansi 0,88.
Collections
- Chemistry Education [324]