Penerapan Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share (Tps) Pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X Mipa Sma N Glenmore
dc.contributor.author | NUR LAILATUL FITRIVA | |
dc.date.accessioned | 2023-01-26T04:40:54Z | |
dc.date.available | 2023-01-26T04:40:54Z | |
dc.date.issued | 2022-10-25 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/42026 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada penerapan model pembelajaran tipe think pair share (TPS) terhadap prestasi belajar peserta didik pada materi hukum-hukum dasar kimia kelas K MIPA SMA N Glenmore. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen menggunakan Quasi Eksperimental Design yaitu Posttest Only With Nonequivalent Groups Design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMA N Glenmore Tahun Ajaran 2021/2022 yaitu 5 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes tertulis dengan instrumen soal pilihan ganda untuk mendapatkan data prestasi belajar peserta didik aspek pengetahuan. Teknik analisis data menggunakan statistika Non Parametric uji Mann-Whitney. Hasil uji hipotesis dengan uji Mann-Whitney menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada penerapan model pembelajaran tipe think pair share (TPS) terhadap prestasi belajar peserta didik pada materi hukum-hukum dasar kimia antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional dengan nilai signifikansi 0,88. | en_US |
dc.publisher | UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA | en_US |
dc.title | Penerapan Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share (Tps) Pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X Mipa Sma N Glenmore | en_US |
dc.Identifier.NIM | 19614049 |
Files in this item
Files | Size | Format | View |
---|---|---|---|
There are no files associated with this item. |
This item appears in the following Collection(s)
-
Chemistry Education [326]