Pengaruh Pengetahuan Keuangan Syariah Terhadap Minat Berinvestasi Emas Di Pegadaian Digital Pada Generasi Z (The Influence Of Sharia Finance Knowledge On Interest In Investing Gold Digital Pawnshops In Generation Z)
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis penerimaan teknologi
dengan mengadopsi teori Technology Acceptence Model terhadap penggunaan
aplikasi pegadaian digital untuk berinvestasi emas oleh generasi Z di provinsi D.I
Yogyakarta. Data yang digunakan adalah data primer yaitu dikumpulkan melalui
penyebaran kuesioner melalui Google form ke 117 responden dengan kriteria umur
responden 17 – 25 tahun, domisili D.I Yogyakarta dan mengetahui tentang investasi
emas. Penelitian ini menggunakan Teknik non-probability sampling dalam
pengambilan sampelnya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode
pengolahan data analisis jalur menggunakan software Jamovi versi 2.3.17. Hasil
dari penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Variabel pengetahuan keuangan Syariah
tidak berpengaruh terhadap minat menggunakan aplikasi pegadaian digital untuk
berinvestasi emas; 2) Persepsi kegunaan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap sikap penggunaan aplikasi pegadaian digital untuk berinvestasi emas; 3)
Persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap
penggunaan aplikasi pegadaian digital untuk berinvestasi emas; 4) Persepsi sikap
penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan
aplikasi pegadaian digital untuk berinvestasi emas.
Collections
- Islamic Economics [826]