Pengaruh Brand Image Dan E-Wom Terhadap Brandtrust Masyarakat Pada Produk Perbankan Syariah (Studi Kasus Pada Bank Syariah Indonesia Tbk) The Effect Of Brand Image And E-Wom Towards Brand Trust Of Society On Sharia Banking Products
Abstract
Industri perbankan merupakan sektor yang paling banyak diketahui masyarakat
dari segala produk keuangan lainnya. Namun dalam sistem perbankan syariah
tentunya perlu membangun kepercayaan masyarakat agar dapat bersaing dengan
Bank Konvensional yang ada melayani masyarakat terlebih dahulu. Industri
perbankan syariah perlu melakukan inovasi secara internal dan eksternal seperti
dengan adanya transparansi produk, serta kemudahan mendapat informasi secara
jelas dan aktual agar mempermudah dalam memperoleh kepercayaan masyarakat.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari Brand Image
dan E-WOM terhadap Brand Trust masyarakat pada produk perbankan syariah.
Objek yang diteliti adalah pengaruh dari brand image dan E-WOM pada
kepercayaan masyarakat yang menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia pada
produk perbankan syariah. Dengan sumber data yang dikumpulkan melalui
persebaran kuisioner dan kajian literatur lainnya, penulis meneliti dengan metode
penelitian kuantitatif yang berasal dari data primer dengan minimal 100 responden.
Teknik yang digunakan untuk menganalisis pengaruh dua variabel adalah bebas
adalah analisis regresi berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25.
Menurut hasil uji analisis regresi linear berganda pada uji t dan uji F dinyatakan
bahwa brand image dan E-WOM secara parsial maupun simultan berpengaruh
secara signifikan dengan prosentase sebesar 77,8% pada kepercayaan masyarakat
terhadap merk atau Brand Trust. Dengan kesimpulan tambahan bahwa sebesar
22,2% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak ada dalam kriteria pada
penelitian ini.
Collections
- Islamic Economics [826]