Minat Mahasiswi Perguruan Tinggi Keislaman Di D.I. Yogyakarta Menjadi Social Entrepreneur The Interest Of Islamic Higher Students In Special Region Of Yogyakarta To Be A Social Entrepreneur
Abstract
Adanya peningkatan jumlah kewirausahaan, memiliki dampak yang baik yang
dapat menimbulkan perkembangan sosial entrepreneur. Hal tersebut dapat menarik
perhatian anak muda khususnya mahasiswi perguruan tinggi keislaman di D.I.
Yogyakarta untuk menjadi wirausaha sosial setelah lulus nanti. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis terkait minat mahasiswi menjadi
wirausaha sosial menggunakan teori perilaku terencana (TPB). Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer sebagai sumber
data, diperoleh melalui kuesioner secara online pada google form. Metode sampling
yang digunakan yaitu non-probability sampling dengan teknik convenience
sampling, dan terdiri dari 100 responden yang merupakan mahasiswi perguruan
tinggi keislaman di D.I. Yogyakarta. Metode analisis data menggunakan analisis
regresi berganda. Hasil penelitian pada nilai AVE dan akar kuadrat AVE
menunjukan nilai yang sudah memenuhi persyaratan. Nilai R-Square yang
diperoleh sebesar 68,5%. Variabel empati, dukungan sosial, dan efikasi diri
berpengaruh positif signifikan pada minat mahasiswi menjadi wirausaha sosial.
variabel kewajiban moral tidak berpengaruh positif signifikan.
Collections
- Islamic Economics [826]