Analisis Perubahan Karakter Pada Peserta Didik Saat Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Di Mtsn 9 Sleman
Abstract
Pendidikan karakter ialah usaha secara sadar dan terencana dalam
menginternalisasikan nilai karakter agar dilaksanakan oleh peserta didik. Tahun
2020 terjadi wabah (Covid-19) yang mengakibatkan perubahan, pembelajaran
yang dilaksanakan di madrasah kini berubah menjadi pembelajaran jarak jauh
yang dilaksanakan di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis
perubahan karakter pada peserta didik saat pembelajaran jarak jauh di MTsN 9
Sleman. 2) Menjelaskan dampak pembelajaran jarak jauh terhadap perubahan
karakter pada peserta didik di MTsN 9 Sleman. 3) Menjelaskan solusi dalam
mengatasi perubahan karakter pada peserta didik saat pembelajaran jarak jauh di
MTsN 9 Sleman.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian
studi kasus. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data
menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan. 1) Perubahan karakter pada peserta
didik saat pembelajaran jarak jauh adalah peserta didik tidak bisa mencapai nilai
KKM, tidak mau bertanya, malas mengumpulkan tugas, tidak inisiatif memahami
materi pelajaran, dan guru tidak bisa memantau peserta didik secara langsung. 2)
Dampak pembelajaran jarak jauh terhadap perubahan karakter pada peserta didik
adalah peserta didik menjadi kreatif dan terampil, kurang disiplin, kurang rasa
tanggung jawab, ketergantungan gadget, nilai menurun, dan kesulitan memahami
pembelajaran 3) Solusi dalam mengatasi perubahan karakter pada peserta didik
saat pembelajaran jarak jauh adalah home visit, membuka tahfidz takhasus, guru
membekali diri dengan pengetahuan dan wawasan, melakukan pertemuan tatap
muka di madrasah 2 kali dalam seminggu, dan melakukan remedial.
Collections
- Islamic Education [863]