Show simple item record

dc.contributor.advisorBurhan Nudin, S.Pd.I., M.Pd.I
dc.contributor.authorMAR’ATI MAHIROH
dc.date.accessioned2023-01-24T04:35:26Z
dc.date.available2023-01-24T04:35:26Z
dc.date.issued2022-11-22
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/41919
dc.description.abstractPendidikan karakter ialah usaha secara sadar dan terencana dalam menginternalisasikan nilai karakter agar dilaksanakan oleh peserta didik. Tahun 2020 terjadi wabah (Covid-19) yang mengakibatkan perubahan, pembelajaran yang dilaksanakan di madrasah kini berubah menjadi pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis perubahan karakter pada peserta didik saat pembelajaran jarak jauh di MTsN 9 Sleman. 2) Menjelaskan dampak pembelajaran jarak jauh terhadap perubahan karakter pada peserta didik di MTsN 9 Sleman. 3) Menjelaskan solusi dalam mengatasi perubahan karakter pada peserta didik saat pembelajaran jarak jauh di MTsN 9 Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan. 1) Perubahan karakter pada peserta didik saat pembelajaran jarak jauh adalah peserta didik tidak bisa mencapai nilai KKM, tidak mau bertanya, malas mengumpulkan tugas, tidak inisiatif memahami materi pelajaran, dan guru tidak bisa memantau peserta didik secara langsung. 2) Dampak pembelajaran jarak jauh terhadap perubahan karakter pada peserta didik adalah peserta didik menjadi kreatif dan terampil, kurang disiplin, kurang rasa tanggung jawab, ketergantungan gadget, nilai menurun, dan kesulitan memahami pembelajaran 3) Solusi dalam mengatasi perubahan karakter pada peserta didik saat pembelajaran jarak jauh adalah home visit, membuka tahfidz takhasus, guru membekali diri dengan pengetahuan dan wawasan, melakukan pertemuan tatap muka di madrasah 2 kali dalam seminggu, dan melakukan remedial.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titleAnalisis Perubahan Karakter Pada Peserta Didik Saat Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Di Mtsn 9 Slemanen_US
dc.Identifier.NIM18422059


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record