Pengaruh Brand Ambassador Bintang Korea Selatan Dan Social Media Marketing Terhadap Minat Beli Followers Instagram @Scarlett_Whitening
Abstract
Persaingan brand-brand kecantikan di Indonesia saat ini semakin ketat. Banyaknya
brand luar negeri dan brand lokal yang bermunculan menjadi tantangan tersendiri untuk pelaku
bisnis kecantikan agar bisa bersaingan mempertahankan eksistensinya, termasuk Scarlett
Whitening. Sebagai usaha untuk mempertahankan posisinya dan memperluas pasar, Scarlett
Whitening melakukan berbagai upaya, salah duanya adalah dengan menggunakan brand
mbassador dan menggencarkan pemasaran lewat sosial media. Scarlett Whitening terbilang
sangat aktif menggunakan media sosial untuk berkomunikasi dan memasarkan produknya,
terutama melalui media sosial Instagram. Selain itu Scarlett Whitening juga mengikuti tren
dunia hiburan dengan menggandeng Song Joong Ki serta girl group Twice yang merupakan
bintang dunia asal Korea Selatan sebagai brand ambassador barunya pada akhir tahun 2021.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh dari brand ambassador yang dipilih
carlett Whitening dan aktivitas social media marketing yang mereka lakukan di Instagram
terhadap minat beli dari followers instagram @Scarlett_Whiteing. Penelitian ini merupakan
penelitian dengan metode kuantitatif pendekatan eksplanatif survei dengan jumlah total
responden sebanyak 100 orang. Uji-uji yang dilakukan untuk menganalisis data dari responden
dalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji linearitas, uji
heteroskedastisitas), uji korelasi, analisis regresi linear berganda, Analisis koefisien
determinasi, uji T, dan uji F. Konsep teori yang dijadikan landasan pada penelitian ini adalah
brand ambassador, social media marketing, dan minat beli yang dikaji menggunakan konsep
AISAS atau attention, interest, search, action, dan share.
Hasil dari penelitian didapatkan bahwa brand ambassador asal Korea Selatan dan
social media marketing yang dilakukan Scarlett Whitening memiliki pengaruh terhadap minat
beli followers instagram @Scarlett_Whiteing baik secara simultan maupun parsial secara
positif dan signifikan. Variabel brand ambassador memiliki pengaruh kepada minat beli
sebesar 39,1%. Variabel social media marketing memiliki pengaruh kepada minat beli sebesar
40,3%. Sedangkan pengaruh kedua variabel independen secara simultan adalah sebesar 51,5%.
Collections
- Communication [943]