Upaya Guru Dan Orang Tua Dalam Menanamkan Karakter Religius Di Masa Pembelajaran Daring Bagi Siswa Dari Keluarga Nelayan (Studi Kasus Di Smk Islam Nurul Iman Kabupaten Lampung Timur)
Abstract
Pandemi Covid-19 membuat sistem pelaksanaan pembelajaran diubah
menjadi dalam jaringan. Pembelajaran daring dilakukan agar siswa tetap
mendapatkan haknya yakni hak dalam hal pendidikan yang layak. Pelaksanaan
pembelajaran daring ini selain menjadi solusi juga menjadi tantangan baru bagi
semua pihak terutama guru dalam mencapai keberhasilan belajar siswanya,
khususnya dalam penanaman pendidikan karakter kepada siswa. Pembelajaran
daring juga mengakibatkan upaya penanaman karakter religius pada siswa melalui
mata pelajaran pendidikan agama islam tidak dapat dilaksanakan dengan baik
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis upaya guru dalam
menanamkan karakter religius pada siswa dari keluarga nelayan selama
pembelajaran daring dan untuk menganalisis peran orang tua dari keluarga
nelayan terhadap anak selama pembelajaran daring.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi
kasus. Teknik untuk pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,
wawancara dan dokumentasi. SMK Islam Nurul Iman dipilih sebagai lokasi
penelitian yang terletak di Kabupaten Lampung Timur. Informan dalam penelitian
ini yaitu kepala sekolah, guru, orangtua yang berprofesi sebagai nelayan, dan
siswa dari keluarga nelayan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Upaya guru dalam menanamkan
karakter religius di SMK Islam Nurul Iman yaitu a). penanaman akhlakul karimah
dan disiplin, b) Pembiasaan kegiatan keagamaan, patuh dan mempraktikkan
kebaikan. c). Menjadi teladan yang baik dan memberi penghargaan. (2) Orang tua
memiliki peran dalam pembentukan karakter religius pada siswa diantaranya
adalah a). Melakukan pendekatan, memberi perhatian, mewajibkan sholat dan
mengaji, b) Memastikan anak memiliki pergaulan yang baik.
Collections
- Islamic Education [863]