Show simple item record

dc.contributor.authorAHMAD KHOIRUDDIN YUSUF. MT
dc.date.accessioned2023-01-24T01:59:17Z
dc.date.available2023-01-24T01:59:17Z
dc.date.issued2022-11-21
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/41905
dc.description.abstractPandemi Covid-19 membuat sistem pelaksanaan pembelajaran diubah menjadi dalam jaringan. Pembelajaran daring dilakukan agar siswa tetap mendapatkan haknya yakni hak dalam hal pendidikan yang layak. Pelaksanaan pembelajaran daring ini selain menjadi solusi juga menjadi tantangan baru bagi semua pihak terutama guru dalam mencapai keberhasilan belajar siswanya, khususnya dalam penanaman pendidikan karakter kepada siswa. Pembelajaran daring juga mengakibatkan upaya penanaman karakter religius pada siswa melalui mata pelajaran pendidikan agama islam tidak dapat dilaksanakan dengan baik Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis upaya guru dalam menanamkan karakter religius pada siswa dari keluarga nelayan selama pembelajaran daring dan untuk menganalisis peran orang tua dari keluarga nelayan terhadap anak selama pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik untuk pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. SMK Islam Nurul Iman dipilih sebagai lokasi penelitian yang terletak di Kabupaten Lampung Timur. Informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, orangtua yang berprofesi sebagai nelayan, dan siswa dari keluarga nelayan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Upaya guru dalam menanamkan karakter religius di SMK Islam Nurul Iman yaitu a). penanaman akhlakul karimah dan disiplin, b) Pembiasaan kegiatan keagamaan, patuh dan mempraktikkan kebaikan. c). Menjadi teladan yang baik dan memberi penghargaan. (2) Orang tua memiliki peran dalam pembentukan karakter religius pada siswa diantaranya adalah a). Melakukan pendekatan, memberi perhatian, mewajibkan sholat dan mengaji, b) Memastikan anak memiliki pergaulan yang baik.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titleUpaya Guru Dan Orang Tua Dalam Menanamkan Karakter Religius Di Masa Pembelajaran Daring Bagi Siswa Dari Keluarga Nelayan (Studi Kasus Di Smk Islam Nurul Iman Kabupaten Lampung Timur)en_US
dc.Identifier.NIM16422083


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record