Pengaruh Pembelajaran Daring Melalui Whatsapp Terhadap Kemampuan Literasi Dan Numerasi Siswa Kelas Iv-Vi Di Sdn Candirejo
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi adanya pandemic covid di Indonesia
sehingga menyebabkan pembelajaran dilakukan secara daring dalam jangka waktu
yang terbilang cukup lama. Penelitian ini bertujuan untuk mebuktikan ada atau
tidaknya pengaruh dari penerapan pembelajaran daring yang dilakukan melalui
media WhatsApp di SDN Candirejo terhadap kemampuan literasi dan juga
numerasi siswa, khususnya pada jenjang kelas IV, V, dan VI.
Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi sederhana dengan 2 kali
analisis karena memiliki 2 variabel dependent. Populasi yang diambil sebanyak 76
responden meliputi siswa kelas IV, V, dan VI di SDN Candirejo. Pengambilan
sampel menggunakan teknik sampling total (sampling sensus) sehingga seluruh
populasi dijadikan sampel/responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
membagikan angket/kuisioner secara langsung kepada responden dan juga
dokumentasi. Skala pengukuran yang dipakai ialah skala likert. Seluruh
perhitungan dan analisis penelitian ini menggunakan bantuan SPSS statistic versi
22.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
antara pembelajaran daring melalui whatsapp terhadap kemampuan literasi dan
numerasi siswa kelas IV-VI di SDN Candirejo. Hal ini dibuktikan dari nilai
signifikansi sebesar 0,000<0,050, yang artinya terdapat pengaruh. Ditunjukkan pula
dari hasil persamaan garis regresi sederhana pada variabel pembelajaran daring
terhadap literasi yaitu Y=9.521+0,657X, dan persamaan garis regresi pada variabel
pembelajaran daring terhadap numerasi yaitu Y=15.473+0,374X, sehingga
pengaruh keduanya bersifat positif. Adapun besarnya pengaruh ditunjukkan dari
nilai R Square, yaitu 37,8% terhadap variabel kemapuan literasi, dan 15,9%
terhadap variabel kemampuan numerasi. Sisa pengaruh lainnya kemungkinan
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.
Collections
- Islamic Education [864]