Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. Aden Wijdan SZ., M.Si.
dc.contributor.authorWAFIAH NUR AINI
dc.date.accessioned2023-01-20T07:58:59Z
dc.date.available2023-01-20T07:58:59Z
dc.date.issued2022-11-21
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/41899
dc.description.abstractPenelitian ini dilatar belakangi adanya pandemic covid di Indonesia sehingga menyebabkan pembelajaran dilakukan secara daring dalam jangka waktu yang terbilang cukup lama. Penelitian ini bertujuan untuk mebuktikan ada atau tidaknya pengaruh dari penerapan pembelajaran daring yang dilakukan melalui media WhatsApp di SDN Candirejo terhadap kemampuan literasi dan juga numerasi siswa, khususnya pada jenjang kelas IV, V, dan VI. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi sederhana dengan 2 kali analisis karena memiliki 2 variabel dependent. Populasi yang diambil sebanyak 76 responden meliputi siswa kelas IV, V, dan VI di SDN Candirejo. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling total (sampling sensus) sehingga seluruh populasi dijadikan sampel/responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membagikan angket/kuisioner secara langsung kepada responden dan juga dokumentasi. Skala pengukuran yang dipakai ialah skala likert. Seluruh perhitungan dan analisis penelitian ini menggunakan bantuan SPSS statistic versi 22.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran daring melalui whatsapp terhadap kemampuan literasi dan numerasi siswa kelas IV-VI di SDN Candirejo. Hal ini dibuktikan dari nilai signifikansi sebesar 0,000<0,050, yang artinya terdapat pengaruh. Ditunjukkan pula dari hasil persamaan garis regresi sederhana pada variabel pembelajaran daring terhadap literasi yaitu Y=9.521+0,657X, dan persamaan garis regresi pada variabel pembelajaran daring terhadap numerasi yaitu Y=15.473+0,374X, sehingga pengaruh keduanya bersifat positif. Adapun besarnya pengaruh ditunjukkan dari nilai R Square, yaitu 37,8% terhadap variabel kemapuan literasi, dan 15,9% terhadap variabel kemampuan numerasi. Sisa pengaruh lainnya kemungkinan dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titlePengaruh Pembelajaran Daring Melalui Whatsapp Terhadap Kemampuan Literasi Dan Numerasi Siswa Kelas Iv-Vi Di Sdn Candirejoen_US
dc.Identifier.NIM18422139


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record