Dampak Media Sosial Marketing Instagram Pada Fundraising Di Baznas Kota Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan media sosial marketing
Instagram terhadap fundraising pada Baznas kota Yogyakarta. Data yang digunakan adalah
data primer yang dikumpulkan secara langsung dari sumber utamanya melalui wawancara
kepada pihak Baznas kota Yogyakarta dan lima orang followers Instagram Baznas kota
Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif
dan pendekatan analisis konten. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah dampak media
sosial marketing Instagram terhadap fundraising pada Baznas kota Yogyakarta. Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa dampak dari media sosial marketing Instagram adalah adanya
pertumbuhan dana ZIS, pertumbuhan muzakki, membentuk citra lembaga atau branding,
membangun kesadaran dan sebagai wadah dakwah Islamiyah. Media sosial Instagram jika
dikelola dengan baik maka akan memberikan dampak yang positif untuk setiap lembaga. Oleh
karena itu, media sosial marketing Instagram dapat dikatakan efektif dalam menghimpun dana
zakat, infaq dan shodaqoh.
Collections
- Islamic Economics [826]