Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Untuk Mengikuti Erpsim
Abstract
Inovasi pembelajaran melalui simulation games telah diyakini menjadi
pembelajaran yang efektif dimana dapat merepresentasikan dunia nyata dan dapat
berinteraksi secara langsung. ERPSim telah menjadi inovasi dalam pembelajaran
dengan simulasi mengenai teknologi Enterprise Resource Planning dimana terdapat
kompleksitas pada sistem tersebut. Penelitian ini menggunakan model Unified
Theory of Acceptance and Use Technology (UTAUT) dengan penambahan model
Theory of Planned Behavior (TPB) untuk mengetahui faktor-faktor yang
mempengaruhi mahasiswa mengikuti ERPSim. Penelitian ini telah mendapatkan
data sampel sebanyak 141 pada mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas
Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia dimana data diperoleh dengan
kuesioner yang disebar secara online. Analisa data penelitian menggunakan metode
structural equation modelling (SEM) dengan aplikasi SmartPLS 3.0. Hasil
penelitian menunjukan bahwa semua konstruk model UTAUT yang terdiri dari
ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, dan kondisi yang
memfasilitasi mampu mempengaruhi mahasiswa untuk mengikuti ERPSim, selain
itu konstruk dari model TPB yaitu sikap dan pengendalian perilaku, hanya konstruk
sikap saja yang dapat mempengaruhi mahasiswa untuk mengikuti ERPSim
sedangkan pengendalian perilaku tidak dapat mempengaruhi. Hasil dari penelitian
ini dapat memberikan informasi yang diperlukan tentang penerimaan dan
keikutsertaan mahasiswa terhadap sistem ERPSim untuk mendukung
pengembangan ERPSim tersebut.
Collections
- Akuntansi [4466]